Apa Saja Tantangan Membuat Kolam Renang Lantai Dua?

buat kolam renang lantai dua

Rooftop swimming pool adalah salah satu tipe kolam renang lantai dua dengan konstruksi yang cukup rumit.

Membangun sebuah kolam yang lokasinya ada di lantai atas rumah, Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana cara kontraktor mengatur instalasi pipa dan membuat struktur konstruksi dan cor betonnya?

Anda tidak sendirian, pertanyaan seperti ini memang sering disampaikan oleh pemilik rumah. Namun, faktanya konsep seperti ini bukan sesuatu yang mustahil hanya saja memang prosesnya tidak mudah.

Butuh perancangan yang teliti, arsitek yang profesional untuk menciptakan kolam renang rooftop yang tidak hanya indah tetapi juga aman.

5 Tantangan Pembuatan Kolam Renang Rooftop, Apa Saja?

Kami akan jelaskan beberapa tantangan dan persiapan ekstra dalam pembuatan kolam renang lantai lantai dua. Jika Anda tertarik untuk membuat konsep kolam seperti ini di rumah, silahkan simak sampai selesai.

1. Kekuatan Struktur Lantai Bangunan

Setiap pembuatan kolam renang pasti ada yang namanya survey lokasi. Nah, saat tahapan ini berlangsung kontraktor dan tim konstruksi ahli akan mengecek seberapa kuat struktur lantai bangunan rumah/gedung dalam menopang konstruksi kolam renang di atasnya.

Karena jika hal ini tidak terlewat, pembuatannya tanpa memperhatikan aspek keselamatan dan keamanan bangunan maka dikhawatirkan lantai rumah tidak cukup kuat menahan beban tersebut.

Singkatnya memiliki rumah bertingkat tidak semata-mata membuat Anda bisa membuat kolam renang rooftop, sebelum pengujian terlebih dahulu untuk keselamatan bangunan.

Baca juga: Seberapa Penting Kualitas Beton K-350 Pada Kolam Renang?

2. Mengatur Tata Letak yang Tepat

Usaha ekstra yang perlu dilakukan adalah memikirkan bagaimana cara mengatur tata letak dari kolam renang? Karena lantai bertingkat di setiap rumah luas area yang kosong pasti beda-beda.

Ada yang sempit dan terbatas, dan mungkin bisa juga agak luas. Lokasi pembuatan kolam renang mempengaruhi kenyamanan dan fungsionalitas dari kolam itu sendiri.

Semua hal tersebut perlu dipertimbangkan dengan matang untuk membuat keputusan yang tepat dan tidak salah dalam proses perencanaannya.

3. Butuh Biaya Ekstra

Membuat kolam renang di lantai bertingkat punya tingkat kesulitan yang berbeda, bukan tidak mungkin budget yang Anda butuhkan juga berbeda dengan membuat kolam renang pada umumnya.

Persoalan biaya sendiri memang tidak bisa diketahui sebelum ada perhitungan detail dari kontraktor. Ini merupakan perkiraan, jadi ada baiknya untuk bertanya langsung kepada kontraktor untuk mengetahui berapa besar biaya pembuatan kolam renang rooftop tersebut.

Anda mungkin bisa membandingkan biaya pembuatannya dengan kolam renang biasa yang di bangun di atas tanah.

4. Pertimbangan Lokasi dan Aksesnya

Dalam proses konstruksi kolam renang biasanya butuh alat berat seperti truck mixer untuk mempermudah pekerjaan kontraktor.

Begitu pula pada tipe kolam rooftop, tantangan mulai muncul jika kondisi bangunan baik itu rumah atau gedung bertempat di area yang sulit dijangkau, kondisi jalan yang sempit atau faktor lainnya.

Faktor teknis seperti ini memang perlu kita pikirkan dengan baik, karena kendala akses bisa menghambat pengerjaan proyek. Jika semuanya di kerjakan secara manual tentu akan membutuhkan tenaga ekstra dan waktu yang lebih lama.

5. Membangun Konstruksi Kolam Renang Tanpa Penggalian

Kolam renang biasa (in ground pool) melalui proses penggalian terlebih dahulu, merancang konstruksi yang kuat bisa lebih mudah. Namun, kesulitan bertambah ketika kontraktor perlu melakukan hal yang sama membangun konstruksi kokoh dan kuat tahan kebocoran tapi tanpa melalui proses penggalian.

Konstruksi kolam renang rooftop berada di atas lantai bangunan, merancang bekisting, instalasi pipa, hingga proses pengecoran menjadi terasa lebih kompleks dan membutuhkan perencanaan yang sangat teliti.

Salah dalam memperhitungkan material atau aspek lainnya yang berkaitan dengan konstruksi bisa menyebabkan masalah yang cukup merepotkan. Risiko konstruksi yang rembes sampai kebocoran dampaknya lebih fatal karena kolam renang berada tepat di atas bangunan.

Jasa Pembuatan Kolam Renang Rooftop di Indonesia

Itu dia penjelasan sekilas mengenai tantangan dan aspek safety dalam pembuatan kolam renang di bangunan bertingkat. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat.

Jika Anda tetap ingin membuat kolam renang ini karena memang sudah mengharapkannya sejak lama, maka ada baiknya untuk berkonsultasi dulu dengan kontraktor yang tepat.

Sedayu Pool menyediakan jasa pembuatan kolam renang rooftop. Kami siap membuatkan kolam renang di lantai atas bangunan dengan spesifikasi bagus, anti bocor, dan desain yang memukau.

Hubungi admin kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai desain kolam, RAB, dan survey lokasi ke tempat Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi