Seperti Apa Konstruksi Kolam Renang yang Berkualitas?

konstruksi kolam renang

Sebelum Anda memanggil kontraktor untuk pengerjaan proyek kolam renang, sebaiknya pastikan dulu tenaga profesional tersebut mampu menjamin konstruksi yang berkualitas.

Tapi tunggu dulu, memangnya seperti apa konstruksi kolam renang yang sesuai dengan kriteria tersebut?

Ada beberapa poin yang bisa kalian perhatikan, beberapa di antaranya sebagai berikut:

  • Ketahanan: menunjukkan seberapa kokoh rancangan kolam renang menghadapi kondisi cuaca ekstrim seperti panas dan hujan untuk beberapa tahun ke depan
  • Uji kebocoran: melihat apakah kolam renang cukup kuat untuk menghadapi risiko kebocoran
  • Estetika: berkaitan dengan rancangan struktur dari konstruksi kolam renang tersebut menyesuaikan dengan desain yang sudah disepakati sebelumnya

Standar Konstruksi Pondasi Kolam Renang Bermutu

Jika hanya berfokus pada satu titik,maka konstruksi kolam renang ini erat kaitannya dengan tahap pembuatan pondasi. Karena ini menjadi salah satu bagian terpenting dalam pembuatan kolam renang.

Jika bagian ini gagal, maka rugilah Anda karena perlu mengeluarkan budget lebih besar untuk perbaikannya. Berikut ini beberapa hal yang berkaitan dengan mutu konstruksi kolam renang:

Menggunakan Besi yang Tepat

Dalam pembuatan kolam renang ada tahapan yang kita sebut sebagai pembesian. Material besi yang dipilih tidak bisa sembarangan. Ada baiknya untuk memilih besi berdiameter 8 mm – 19 mm.

Kontraktor menyesuaikan tebal besi dengan berat total kolam renang, hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko amblas atau perancangan yang salah.

Singkatnya besi yang terlalu tebal bisa membebankan struktur kolam renang membuatnya lebih berisiko mudah rusak. Begitu pula yang akan terjadi jika tebal besi terlalu kecil, material ini tidak akan mampu menopang beton di atasnya.

Beton dengan Standar yang Sesuai

Selain itu, konstruksi kolam renang juga dipengaruhi dari mutu beton yang digunakan oleh kontraktor. Penentuannya didasarkan pada penggunaan kode seperti K250, K300, K350, dan seterusnya.

Semakin besar angka setelah “K-“ berarti kualitasnya memang lebih bagus, tapi jika terlalu berlebihan juga bukan ide yang bagus ini akan membuat besi di bawahnya tidak bisa mengimbangi beban tersebut.

Penjelasan dari kode “K300” berarti beton tersebut mempunyai kuat tekan 300 kg per meter persegi. Beton konstruksi kolam renang diprioritaskan menggunakan beton ready-mix untuk memastikan komposisinya sudah tepat dan sesuai standar SNI.

Pembuatan Fondasi dengan Benar

Setiap kolam renang mempunyai ukuran fondasi yang berbeda. Tentu, secara logis ukuran fondasi semakin besar menyesuaikan dengan size dari kolam renang yang akan dibangun.

Sebagai contoh, pembuatan kolam renang pribadi atau rumahan normalnya mempunyai fondasi berukuran 60 x 60 cm dengan tebal sekitar 20 cm. Namun, untuk pembangunan kolam renang olympic atau fasilitas khusus perlombaan dan beberapa tipe kolam renang di hotel menggunakan ukuran 1 x 1 meter dengan tebal 0,35 meter.

Harap diingat bagi pembaca bahwa spesifikasi ini bukanlah sesuatu yang baku, dalam penerapan proyek bisa saja ada penyesuaian.

Adanya Waterproofing

Selain menggunakan beton dengan mutu tertentu, kondisi di kolam renang akan membuat konstruksi sering terkena air. Kontraktor kolam renang perlu menggunakan teknik waterproofing yang tepat, untuk memastikan konstruksi kolam renang kedap air dan tidak mudah mengalami kasus kebocoran.

Ada begitu banyak metode yang bisa digunakan untuk melapisi beton kolam renang dengan waterproofing seperti menggunakan bahan yang terbuat dari polimer, semen khusus, polyurethane,dan aspal.

Kualitas waterproofing wajib diperhatikan, jangan hanya asal ada. Sebisa mungkin memilih yang kualitasnya bagus, merek yang sudah teruji.

Arsitektur yang Memenuhi Aspek Keselamatan

Desain dan arsitektur kolam renang juga perlu dirancang dengan mengedepankan aspek keselamatan dan keamanan. Baru setelah kedua hal tersebut terpenuhi, kontraktor bisa mendiskusikannya bersama klien untuk penyesuaian estetika agar kolam renang tampak lebih indah dan elegan.

Konstruksi yang aman menjadi salah satu hal yang diutamakan. Jangan sampai desain kolam renang membahayakan pemilik rumah bagi dari segi tata letaknya, rancangan pola desainnya, dan sebagainya.

Baca juga: Apa Itu Sirkulasi Kolam Renang? Ini Penjelasan dari Kontraktor

Solusi Bangun Konstruksi Kolam Renang Berkualitas dan Teruji

Ingin membuat kolam renang dengan standar konstruksi yang tepat? Konsultasikan kebutuhan Anda bersama tim Sedayu Pool.

konstruksi kolam renang teruji

Menciptakan kolam renang yang aman memang tidak mudah, terlebih lagi Anda juga pasti menginginkan kolam renang yang estetik dan indah. Ada begitu banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

Namun, ini bukanlah masalah yang besar. Tukang kolam renang kami sudah berpengalaman di bidangnya. Kami memahami penentuan material yang berkualitas termasuk besi,beton, hingga material finishing-nya.

Untuk fondasi juga dikerjakan oleh mereka yang sudah kompeten. Mereka memastikan dengan teliti bahwa pengerjaan proyek kolam renang sudah memenuhi standar aman untuk dibangun.

Apabila Anda memerlukan informasi lebih lengkap lagi, mari hubungi admin dan segeralah berkonsultasi untuk menemukan solusi terbaiknya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi