Ternyata Segini Biaya Buat Kolam Renang Terbaru

biaya pembuatan kolam renang

Membuat kolam renang itu mahal, jadi ada banyak yang perlu diperhitungkan khususnya soal biaya yang akan Anda habiskan untuk membangunnya. Banyak yang penasaran mengenai berapa besarnya anggaran untuk pembuatan kolam renang pribadi.

Kami sudah cukup sering mendengar pertanyaan semacam ini, tapi yang jadi masalahnya membicarakan soal biaya tidak bisa langsung sebut karena ada banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut.

Ada kolam renang yang dibuat dengan biaya 50 juta, 100 juta, bahkan 1 miliar pun ada. Inilah kenapa sebagai kontraktor kolam renang, kami dengan senang hati mengedukasi Anda agar bisa paham bagaimana menentukan biaya pembangunan kolam renang secara menyeluruh serta faktor apa saja yang mempengaruhinya.

Contoh Estimasi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Pertama mari kita tentukan dulu secara kasar baru membicarakan soal rinciannya. Secara umum kontraktor menetapkan biaya konstruksi kolam renang mulai dari Rp 3 juta – Rp 4 juta per meternya.

Ini perhitungan kasar, jadi hanya konstruksinya belum bicara soal mekanisnya. kurang lebih bagian yang termasuk ke dalam perhitungan ini antara lain sebagai berikut:

  • Penggalian tanah
  • Pekerjaan lantai kerja
  • Pemasangan hebel dan bekisting
  • Pembesian dua lapis
  • Pengecoran beton

Ingat, sekali lagi ini estimasi bukan angka permanen. Lantas bagaimana perhitungan lebih lengkapnya?

Rumit! Tapi tidak apa-apa karena Anda yang memintanya jadi sudah kami buatkan simulasi perhitungan biaya pembuatan kolam renang. Silahkan simak informasi lebih lengkapnya pada tabel berikut:

rab konstruksi biaya pembuatan kolam renang
rab biaya kolam renang alat operasional

Rincian seperti di atas adalah contoh RAB (Rincian Anggaran Biaya) proyek kolam renang besar dengan ukuran 20 meter x 20 meter.

Anda bisa mendapatkan data seperti ini dari kontraktor kolam renang yang menanganinya, jadi singkatnya pemilik proyek terima beres sambil menganalisis rincian yang ada.

Seperti yang kita ketahui, pertama untuk tahap pekerjaan penggalian kolam renang yang terdiri dari beberapa pekerjaan seperti:

  • Penggalian kolam
  • Pasang balok
  • Ruang pompa
  • Ruang balancing tank
  • Gutter overflow

Dengan asumsi harga satuan Rp150.000, jadi jika kolam yang dibuat seluas 1274 m3, maka ketemu perkiraan jumlah Rp191.100.000.

Selanjutnya, untuk pembuatan fondasi cakar ayam berukuran 60 cm x 60 cm x 40  meliputi pekerjaan turunan lainnya seperti: urugan pasir,pemasangan bata, dan pembesian.

Dengan perkiraan harga satuan untuk pekerjaan tersebut Rp820.000, pembuatan untuk 64 titik maka hasilnya menjadi Rp52.480.000.

Kedua pekerjaan di atas kalau ditotal sekitar Rp243.580.000, itu baru konstruksi dasar sebagai gambaran awal saja. Jika ingin mengetahui rincian yang lebih spesifik dengan spek kolam renang sesuai keinginan silahkan hubungi Sedayu Pool, kami akan buatkan RAB yang lebih lengkap dari simulasi ini.

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Kenapa pembuatan kolam renang bisa menelan budget sebesar itu? Alasannya sudah pasti karena pada dasarnya fasilitas ini memang eksklusif dan mewah.

Ada beberapa penyesuaian yang dapat dilakukan seperti memilih sirkulasi skimmer, menggunakan keramik sebagai lantai, dan memilih sparepart yang lebih murah.

Berikut ini kami perjelas apa saja faktor yang mempengaruhi besarnya budget untuk membangun kolam renang agar tidak bingung lagi.

Ukuran dan Kedalaman kolam

Pertama, sudah pasti ukuran kolam renang menjadi faktor utama yang mempengaruhi harga. Semakin luas area yang dibangun, maka membutuhkan material dan waktu ekstra untuk menyelesaikannya.

Jika Anda bertanya berapa ukuran kolam renang yang murah? Jawabannya sekecil mungkin, tapi ini tidak masuk akal siapapun pasti tidak nyaman berenang di kolam yang kecil (kecuali anak-anak).

Solusi yang lebih pas adalah konsep “Minimalis”, buatlah kolam itu sesederhana mungkin ini efektif untuk menghemat biaya. Konsultasikan bersama kontraktor mengenai tata letak yang tepat.

Sirkulasi Kolam Renang

Secara sederhana sirkulasi adalah bagaimana sistem perputaran air pada kolam renang. Tidak perlu pusing memikirkan soal istilahnya, secara umum pilihannya ada tiga:

  • Skimmer: sirkulasi kolam renang sederhana, ketinggian air stabil dan kondisi air tenang tidak mengalir
  • Semi overflow: sistem kolam renang menengah, ketinggian air sebagian memenuhi area kolam, kondisi air mengalir sebagian
  • Full overflow: sirkulasi kolam renang mewah, ketinggian air seluruhnya memenuhi area kolam, kondisi air mengalir di setiap sisinya

Kolam renang skimmer cenderung lebih murah dan cocok untuk lahan terbatas, sedangkan overflow itu sebaliknya butuh budget yang lebih besar dan lahan ekstra luas.

Faktor Kontraktor, Material, dan Hal Teknis

Selain kedua hal di atas, biaya pembuatan kolam renang tentunya dipengaruhi juga dari penawaran dari kontraktor, harga material seperti beton, kayu, besi, dan sebagainya. Harga spareparts seperti pompa, filter, dan pipa juga menjadi faktor lainnya yang bisa mempengaruhi total anggaran untuk membuat kolam renang.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, jika Anda tertarik untuk, buat kolam renang dengan biaya yang pas dengan tabungan silahkan hubungi kami. Kami sedayu pool sebagai jasa pembuatan kolam renang terbaik siap membantu membuatkan RAB hingga desain khusus untuk proyek Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi