Berapa Biaya Perawatan Kolam Renang? Begini Cara Hitungnya

biaya perawatan kolam renang

Baru bikin kolam pribadi dan belum tahu berapa biaya perawatan kolam renang? Sepertinya kami bisa membantu.

Setiap pemilik kolam renang memang semestinya wajib mengetahui hal ini, karena perawatan alias maintenance sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi.

Ada banyak masalah yang bisa terjadi jika kolam renang Anda tidak dirawat. Mulai dari air yang kotor, pemicu menyebarnya penyakit, dan lain sebagainya.

Namun, bagian yang bikin pusing biasanya menghitung biaya maintenance kolam renang. Kira-kira bagaimana nih cara menghitungnya?

Sebagai referensi kami akan menjelaskannya di bawah, silahkan simak sampai selesai agar kalian bisa paham budget untuk kebutuhan perawatan kolam.

Menghitung Biaya Perawatan Kolam Renang di Rumah, Ternyata Tidak Sulit!

Pertama kita pahami dulu kebutuhan untuk perawatan kolam renangnya. Apakah kita hanya membahas soal penjernihan airnya atau termasuk pembelian alatnya juga? Untuk mempermudah hal ini mari kita bagi jadi dua kondisinya.

Biaya Maintenance Jika Peralatan Sudah Ada

Kami asumsikan Anda sudah punya peralatan maintenance kolam renang. Bagian ini meliputi leaf skimmer, pool brush, telescopic handle, dan vakum.

Jika kalian beruntung saat pertama kali membuat kolam renang kontraktor akan memberikan bonus alat-alat ini, sehingga tidak perlu membeli sendiri.

Oke, kalau sudah begini berarti kita tinggal menghitung biaya pembelian chemical alias obat kimia untuk kolam renangnya.

  • Klorin 60% 2 kg: Rp80.000
  • Soda ash 7 kg: Rp60.000
  • Klorin tablet 1 kg:Rp40.000
  • Klorin granular 4 kg: Rp150.000
  • PAC 2 kg:Rp35.000
  • Terussi: Rp45.000
  • HCL 5 liter:Rp72.000

Estimasi total: Rp500.000

Catatan: Harga obat kolam renang bisa berbeda-beda, perhitungan di atas berlaku untuk perawatan kolam renang sirkulasi skimmer

Biaya Maintenance Jika Belum Ada Peralatan

Lantas bagaimana jika alat-alatnya saja belum ada? Siap-siap untuk mengeluarkan budget lebih estimasi totalnya Rp 1 juta lebih hanya untuk beli alatnya saja. Untuk perhitungannya sendiri lebih kurang sebagai berikut:

  • Leaf skimmer(saringan): Rp300.000
  • Pool brush (sikat): Rp400.000
  • Vacuum head: Rp800.000
  • Vacuum hose: Rp1.000.000

Estimasi total: Rp2.500.000

Catatan: Harga alat maintenance kolam renang bisa berbeda-beda tergantung merk dan kualitas. Belum termasuk pembelian pompa, alat hanya dibeli sekali masa pakai tergantung penggunaan.

Sekarang kita hitung total saja antara biaya pembelian alat yaitu Rp 2,5 juta ditambah Rp 500.000 berarti totalnya jadi Rp3.000.000 (alat + pembelian chemical).

Baca juga: Jasa Perawatan Kolam Renang Pejaten, Pasar Minggu

4 Cara Menghemat Biaya Perawatan Kolam Renang

Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk menghemat pengeluaran untuk maintenance kolam renang. Bisa dilakukan sendiri, silahkan coba praktikan di rumah agar budget bulanan Anda tetap terkendali.

1. Pahami Setiap Fungsi Chemical Kolam Renang

Apa kaitan memahami fungsi obat kolam renang dengan penghematan? Pertanyaan bagus. Karena dengan mengetahui fungsi chemicalnya, maka kita bisa mengetahui mana yang harus diprioritaskan dulu.

Obat kolam renang yang sifatnya wajib itu seperti kaporit, terussi, PAC, soda ash. Sementara itu, HCL itu sifatnya tidak wajib. Anda bisa membelinya untuk melakukan perawatan kolam renang yang sifatnya sudah parah atau kotor sekali (singkatnya opsional).

2. Hitung Volume Air Kolam Renangnya

Selain itu,penghematan juga bisa dilakukan dengan menghitung volume air yang ada di kolam renang. Mulailah dari mengukur ukuran dan juga kedalamannya, Anda bisa berkonsultasi dengan spesialis kolam jika sekiranya butuh bantuan lanjutan. Untuk memperkirakannya, kolam berukuran minimalis biasanya membutuhkan jumlah obat yang lebih sedikit daripada kolam dengan ukuran yang besar.

3. Mencari Harga Produk Chemical Termurah

Kebutuhan obat kolam renang akan menjadi sesuatu yang wajib, jadi sebisa mungkin carilah langganan yang menyediakan stok obat kolam renang terlengkap dengan harga yang murah dan terjangkau. Ini bisa menjadi solusi penghematan yang cukup menguntungkan untuk jangka panjang.

4. Pahami Waktu yang Tepat Pemberian Obat Kolam

Tahukah Anda memberikan obat kolam renang tidak bisa asal-asalan? Ada waktunya. Menurut berbagai spesialis kolam renang waktu pemberian chemical yang tepat adalah awal pagi (subuh) dan awal malam.

Kondisi panas akan membuat air kolam renang kurang efektif membuat Anda lebih boros menggunakan obat kolam, inilah kenapa sebaiknya tambahkan chemical ketika kondisi sekitar sedang adem.

Itu dia penjelasan mengenai biaya perawatan kolam renang sekaligus sharing cara yang tepat untuk menghemat pengeluaran maintenance. Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Butuh bantuan untuk merawat kolam renang? Hubungi jasa perawatan kolam renang dari Sedayu Pool. Kami siap memastikan takaran chemical sudah tepat dengan kebutuhan, pembersihan total di area kolam, hingga pengecekan teknis. Dapatkan juga biaya perawatan kolam renang yang terjangkau mulai hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

× Konsultasi